Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Demo FIFA 15 vs PES 2015


Setiap tahun, pertarungan yang sama, situasi panas yang sama, dan udah pasti ada satu yang keluar jadi pemenang dari sisi penjualan, terlepas dari diterima atau enggak. Ini udah jadi fenomena wajib  yang pasti terjadi di industri game dan enggak bisa dihindarin. Well, tentu sampai salah satu udah ngangkat bendera putih, mundur, dan mutusin buat enggak ngerilis seri terbaru apapun lagi di masa depan. Benar banget, kita lagi ngomongin dua game sepakbola paling besar (kalau enggak mau, dibilang satu-satunya) di industri game – Pro Evolution Soccer dari Konami dan FIFA dari EA Sports. Walaupun mekanik gameplaynya sama, yang notabene juga isinya 11 orang lari-larian kesana-kemari ngejar satu bola bundar, buat dilemparin ke jala lawan, FIFA sama PES punya daya tarik yang beda. Setidaknya itu yang selalu didengungin oleh basis fans-nya yang boleh dibilang cukup fanatik. Alasan sama yang sering banget buat JagatPlay keder buat ngebandingin keduanya.
Player yang udah lama ngikutin sepak terjang JagatPlay sebagai situs gaming tentu tahu bahwa gua pribadi (ehm.. yang notabene namanya ada di bawah judul), selalu ngehindarin yang namanya review game olahraga. Bukan hanya karena gua pribadi enggak terlalu demen yang namanya nonton bola di dunia nyata (kecuali Piala Dunia, kadang-kadang), tetapi juga karena gua pribadi, agak malas harus berhadapan dengan basis fans masing-masing franchise yang dari awal sampai akhir, udah nyiapin pisau tajam kalau sampai review yang notabene merupakan personal experience gua, ternyata enggak sama dengan apa yang mereka rasaiin. Di samping itu, gua tentu bisa dibilang enggak punya kapabilitas yang cukup kredibel juga buat ngereview sebuah olahraga yang enggak gua ikutin di dunia nyata. Untungnya, JagatPlay punya reviewer “cadangan” kalau udah ngomongin soal game bola.
The good old times..
The good old times..
Sebenarnya, sejak masa keemasan Playstation dulu dan ketika baru dihadapkan sama dengan kualitas grafis yang tentu aja melonjak tinggi dari zaman SNES, bola adalah salah satu game yang bikin gua jatuh hati sama Playstation. Persaingan klasik ini sebenarnya udah kebentuk di zaman dulu, ketika FIFA 98 waktu itu berhadapan dengan Winning Eleven 4 yang fenomenal. Winning boleh dibilang menang waktu itu, karena mekanisme kompleks yang dia usung nawarin atmosfer gameplay yang jauh lebih kompetitif untuk dinikmatin. Berangkat dari rasa jatuh hati inilah, gua pun akhirnya cukup mengikuti perkembangan game Pro Evolution Soccer – judul lain dari Winning Eleven untuk region di luar Asia, paling enggak, sampai versi tahun 2012. Dikerubungin sama gilanya game-game keren yang lain di masa itu, PES mulai gua tinggalkan. Pada akhirnya? Gua buta bola.
Tapi ketertarikan untuk balik lagi ke game bola, untuk tahun 2014 ini, boleh dibilang kuat banget. Saking kuatnya, sampai gua pribadi udah enggak bisa bilang lagi, “No..gua mau main game lain..”. Why? Simple, karena ini dua franchise udah siap buat berperang di kancah platform generasi terbaru – Playstation 4 dan Xbox One tahun ini, setelah sempat malu-malu mau di tahun 2013 silam. PES 2015 dioptimalin buat ini platform, bahkan Konami berani buat dumb-down versi PC yang udah dikonfirmasi pakai engine lawas PS 3, tambah modif dikit. Sementara FIFA 15 yang udah boleh dibilang matang dari tahun lalu, kini maksimalin presentasi visual biar makin keren, nawarin nilai jual lebih. Menariknya lagi? Kesempatan buat ngejajal ini dua game lebih awal hadir lewat versi demo yang ditawarin via PSN. Berangkat dari ini fakta, gua pun akhirnya nugasin Playstation 4 buat ngunduh keduanya buat ngerasain experience game bola yang udah lama ditinggalin.
Berangkat dari kacamata seorang newbie yang udah lama enggak cicipin game bola, gua mau ngebandingin experience gua dari nyicipin demo FIFA 15 dan PES 2015 (Winning Eleven 2015) yang udah tersedia sekarang. Tenang aja, buat versi preview dan review masing-masingnya nanti, bakalan diserahin ke tangan reviewer yang memang ngerti soal ini kedua game.


Gameplay

Setelah enggak nyentuh game bola untuk waktu yang lama, gua mesti akuin, gua terpesona dengan FIFA 15 maupun PES 2015 itu sendiri.
Setelah enggak nyentuh game bola untuk waktu yang lama, gua mesti akuin, gua terpesona dengan FIFA 15 maupun PES 2015 itu sendiri.
Salah satu perdebatan yang paling sering kelihatan di forum atau situs media sosial antara penggemar FIFA dan PES , adalah selalu berpusat pada siapa yang sebenarnya pantas buat disebut sebagai sebuah game simulasi bola, dan yang lainnya disebut sebagai arcade. Entah kenapa, ada kesan kalau dapetin predikat “simulasi”, si basis fans langsung ngerasa kalau game bola yang mereka pilih itu udah yang paling keren, paling kompleks, paling realistis, sementara game bola tandingan lain itu cuman game cupu yang enggak pantas buat dimainin sama sekali. Entah berani atau berniat bunuh diri, tapi gua sendiri punya pendapat personal tentang game mana yang pantas disebut sebagai simulasi.
Ngejajal PES 2015 dan FIFA 15 setelah sekian lama enggak nyentuh ini dua franchise, gua mesti akuin, gua terpukau semampus-mampusnya. Kemajuan teknologi spesifikasi di konsol enggak cuman memungkinkan developer buat nyiptain game yang secara visual makin menarik, tetapi juga gameplay yang sekarang jauh lebih menawan. Dengan gameplay yang gua cicipin, gua pribadi boleh dibilang lebih jatuh hati ke gameplay yang ditawarin FIFA 15, tetapi juga terpukau sama kenyamanan yang ditawarin oleh PES 2015, setelah versi 2014 yang banyak banget dikritik. Di FIFA 15, yang dibutuhin cuman strategi buat mastiin bola bergerak ke depan, dengan akurasi pass yang boleh dibilang, hampir enggak pernah gagal. Selama enggak di-tackle, bola akan nempel di pemain dan lu akan bisa berpikir banyak soal strategi, apa yang harus ditempuh. Yang menarik? AI ofensifnya adaptif dengan apa yang kita mau. Begitu bola di kaki, penyerang yang seharusnya memang jadi tumpuan, langsung ngambil ancang-ancang buat nyari spot terbaik dan nikmatin umpan terobosan. Animasi gerak waktu ngegiring dan meliuk-liuk ngelewatin pemain lawan juga terasa lebih nyaman, setidaknya bagi gua pribadi.
FIFA 15 terasa lebih mudah dinikmatin, bagi gua pribadi.
FIFA 15 terasa lebih mudah dinikmatin, bagi gua pribadi.
Tapi kalau udah ngomongin siapa yang pantas untuk dapet predikat "game simulasi sepakbola", gua akan serahin itu title ke PES 2015.
Tapi kalau udah ngomongin siapa yang pantas untuk dapet predikat “game simulasi sepakbola”, gua akan serahin itu title ke PES 2015.
Namun kalau udah ngomong mana yang pantas disebut sebagai game simulasi sepakbola yang sebenarnya, topi gua angkat untuk PES 2015 yang enggak cuman setia sama mekanik dasar lawas mereka, tapi nyiptaiin sensasi yang lebih nyaman berkat implementasi Fox Engine, yang mereka sebut, lebih maksimal. Mengapa PES 2015 pantas disebut simulasi? Karena seperti kondisi di pertandingan dunia nyata, ada banyak indikator yang bisa terjadi, dan secara langsung, ngaruh ke jalannya pertandingan. Enggak usah jauh deh, kompleksitas sistem moral yang bikin lu mesti cabut-pasang pemain, bahkan yang andalan, udah jadi salah satu awal. Dan ketika pertandingan berlangsung, bola enggak berasa seperti magnet. Bola yang lu oper ke teman terdekat pun bisa berakhir mimpi buruk, kalau lu enggak bisa ngatur kemampuan passing yang ada. Beda sama PES 2014 yang sempat gua cicipin singkat tahun lalu, PES 2015 udah enggak nawarin animasi gerak lebay yang justru bikin kontrol bola terasa enggak intuitif. Dibenerin, dan berasa nyaman. Cukup buat bikin penggemar PES lawas buat jatuh hati lagi.
Colok, main, have fun = ini tiga kata mungkin pantas ngewakilin sensasi gameplay gua waktu nyicipin demo FIFA 15.
Colok, main, have fun = ini tiga kata mungkin pantas ngewakilin sensasi gameplay gua waktu nyicipin demo FIFA 15.
Jadi, walaupun terlepas dari fakta kalau gua lebih nyaman buat mainin FIFA 15 yang menurut gua menyenangkan dan enggak bikin pusing, jawaban dari perdebatan “Mana game sepakbola yang pantas disebut sebagai game simulasi sepakbola?” otomatis gua serahin ke PES (WE) dari Konami. Ini game ternyata mencakup begitu banyak indikator dan teknik yang harus dikuasain terlebih dahulu, sebelum bisa lu bisa tampil luar biasa di gameplay. Enggak cuman sekedar colok, main, have fun, seperti yang gua rasaiin di FIFA 15. Setidaknya versi demo-nya nunjukin pengalaman itu.

Visual

Siapa yang menang di sisi visual? FIFA 15 tampil jauh lebih maksimal, walaupun peningkatan visual PES 2015 enggak kalah keren. Hanya saja, belum ada sesuatu yang bikin lu ngerasa "Wah..."
Siapa yang menang di sisi visual? FIFA 15 tampil jauh lebih maksimal, walaupun peningkatan visual PES 2015 enggak kalah keren. Hanya saja, belum ada sesuatu yang bikin lu ngerasa “Wah…”
Nah, kita akhirnya berbicara soal salah satu elemen terpenting yang mungkin juga sangat berpengaruh sama keputusan gamer buat beli PES 2015 atau FIFA 15. Sebagai game yang ngakar ke event dunia nyata, dengan pelaku yang nyata-nyata juga ada dan sering banget dilihat di siaran televisi lokal, bisa disebut sebagai sesuatu yang esensial kalau FIFA dan PES, sama-sama punya misi buat ngehadirin kualitas visual yang sebisa mungkin, mendekati kualitas itu. Enggak cuman soal detail pemain, wajah, tetapi juga berbagai elemen physics lain yang mungkin terdengar sepele, tetapi nyatanya ngaruh banget ke gameplay yang gua rasaiin. Dari dua demo yang gua cobaiin langsung, yang juga bisa lu lihat di serangkaian screenshot yang gua lemparin di bawah, gua harus jadiin FIFA 15 lagi sebagai game sepakbola favorit gua kalau udah soal visual.
Sejak awal, lewat beragam trailer yang udah dirilis beberapa waktu lalu, si EA memang ngejual visual FIFA, yang diklaim “disempurnakan”, buat narik lebih banyak minta gamer penggemar game sepakbola ke franchise yang satu ini. Gua pribadi ngerasaiin betapa kerennya visual ini game via demonya di Playstation 4. Detail wajah pemain jauh lebih mendekati level realistis pemainnya di dunia nyata, dibandingkan PES 2015. Di PES 2015, walaupun harus diakuin, Fox Engine bikin wajah jadi kelihatan  jauh lebih imba, detailnya yang pantas untuk diacungin jempol yang nyangkut di beberapa pemain ternama aja. Sementara yang lain? Enggak terlalu nge-represent apa yang gua mau. Sementara di sisi lain, termasuk dari postur tubuh yang ada, gua mesti ngasih dua jempol buat engine Ignite milik FIFA 15, yang dengan telak, nundukkin visual PES 2015. Ada peningkatan grafis di PES, tapi enggak berasa istimewa. Enggak sampai batas yang akan bilang lu teriak “Wow.. gila, itu mirip mampus..”, dan sejenis reaksi yang lain. Lu bisa lihat sendiri lewat compare di bawah.
Messi PES 2015
Messi PES 2015
Messi FIFA 15
Messi FIFA 15
Marek Hamsik PES 2015
Marek Hamsik PES 2015
Marek Hamsik FIFA 15
Marek Hamsik FIFA 15
Enggak cuman detail wajah, ini dua game versi new-gen ternyata juga ngehadirin detail visual lain yang enggak kalah keren, sejauh mata gua memandang. FIFA 15 mungkin satu-satunya game bola yang sempat mamerin gimana baju para pemain sekarang bisa kotor dan keringat ngehasilin efek tersendiri/ Tapi enggak disangka-sangka, PES 2015 juga ternyata nerapin hal yang sama.
EA selalu ngejual kalau FIFA 15 hadir dengan banyak efek baru, termasuk baju yang bisa kotor. Well, sesuatu yang ternyata juga diterapin Konami di PES 2015, tapi enggak pernah dipromosiin.
EA selalu ngejual kalau FIFA 15 hadir dengan banyak efek baru, termasuk baju yang bisa kotor. Well, sesuatu yang ternyata juga diterapin Konami di PES 2015, tapi enggak pernah dipromosiin.

Celana Tevez yang kotor di PES 2015
Celana Tevez yang kotor di PES 2015
Bermain sebagai Juventus dan jalanin si Tevez yang jungkir balik buat bisa ngebobol gawang lawan, ada hal yang unik waktu gue berusaha ngecap angle screenshot sebaik mungkin. Dan apa yang gua dapetin? Celana Tevez yang ternyata juga bisa kotor. Agak sedikit membingungkan kenapa Konami enggak mau repot promosiin ini fitur, padahal sang kompetitor – FIFA ngejual hal itu. Hal yang sama juga terjadi di rumput stadion. Walaupun kerusakannya enggak sekentara di FIFA 15, tapi PES 2015 kayaknya nerapin hal yang sama.



Atmosfer

Entah setengah hati buat ngelemparin demo atau memang karena waktu yang enggak cukup, demo PES 2015 gagal nampilin atmosfer pertandingan sebaik FIFA 15.
Entah setengah hati buat ngelemparin demo atau memang karena waktu yang enggak cukup, demo PES 2015 gagal nampilin atmosfer pertandingan sebaik FIFA 15.
Dan apa yang bikin FIFA 15 mencuri hati gua pada akhirnya? Satu kata, atmosfer pertandingan. Di sinilah PES 2015, beneran kalah telak, entah karena Konami setengah hati ngerilis sebuah demo yang seharusnya didesain untuk ngejual atau memang karena FIFA 15 harus diakuin, tampil lebih baik. Emang harus disayangin, seolah enggak belajar dari masa lalu, Konami lagi-lagi ngerilis sebuah demo game PES yang sama sekali enggak diperkuat ama komentator sama sekali, bikin gameplay jadi berasa cukup hambar. Untuk sebuah demo yang tujuannya memang seharusnya ngejual, ini tentu saja, aneh banget.
EA kelihatan "bengis" nerapin hak eksklusifnya buat Liga Inggris. Yell-yell realistis bikin situasi pertandingan jadi lebih hidup.
EA kelihatan “bengis” nerapin hak eksklusifnya buat Liga Inggris. Yell-yell realistis bikin situasi pertandingan jadi lebih hidup.
Sementara PES 2015 masih terperangkap di yell-yell jadul.
Sementara PES 2015 masih terperangkap di yell-yell jadul.
Namun di sisi lain, acungan empat jempol (sekalian gua pinjam dari tetangga) harus gua lemparin lagi buat EA Sports dan FIFA 15 untuk atmosfer yang dibangun keren mampus. Mereka tampaknya ngerti betul gimana caranya buat ngejual ini franchise dengan sukses lewat penempatan demo yang ada. Waktu pertama kali ini demo dimainin, lu akan langsung dibawa ke pertandingan antara Liverpool vs Manchester City, dan EA Sports langsung ngebuktiin apa yang bisa mereka lakuin dengan lisensi penuh Liga Inggris yang udah jadi hak eksklusif di tangan mereka. Stadion pertandingan jadi jauh lebih hidup dengan yell-yell pertandingan membahana yang udah pasti enggak asing buat gamer yang seneng banget nonton bola, cukup buat bikin bulu kuduk lu merinding. Semua yell-yell yang diklaim EA, diambil langsung dari situasi stadion dunia nyata ini, memang bikin pertandingan jauh lebih hidup. Sementara di sudut lain, PES 2015 masih hadir dengan konsep yell-yell lama. Sekedar penonton teriak sana-sini, dengan nada tinggi merendah tergantung sama aksi yang lu lakuin di lapangan. Untuk urusan yang satu ini, ngedumplang banget.
Udah gak beda sama pengalaman nonton pertandingan nyata di televisi, arah sinematik ini yang kayaknya mau dijual sama FIFA 15.
Udah gak beda sama pengalaman nonton pertandingan nyata di televisi, arah sinematik ini yang kayaknya mau dijual sama FIFA 15.
Rumbut yang berterbangan, baju yang ditarik, event highlight ini bikin FiFA 15 kelihatan keren.
Rumput yang berterbangan, baju yang ditarik, event highlight ini bikin FiFA 15 kelihatan keren.
Enggak cuman stadion dan penonton yang kini berasa lebih hidup, FIFA 15 juga lagi nyicipin pendekatan yang boleh gua simpulin, sinematik. Sinematik? Ini mungkin kata yang menurut lu hampir mustahil kejadian di sebuah game bola, tapi itulah yang gua rasaiin selama nyicipin demo ini. Ini game didesain dengan efek kamera yang memang diambil sedemikian rupa, buat nyiptaiin kesan seolah-olah ini pertandingan dunia nyata yang lagi disiarin secara langsung di televisi kesayangan. Efek slow-motion, sudut, hingga penayangan berbagai reaksi sangat ngewakilin hal itu. Bagian terbaiknya? Udah pasti highlight pertandingan yang lu rasaiin di jeda dan akhir pertandingan. Enggak cuman sinematik, di highlight ini, EA juga ngefokus ngasih lihat detail visual yang selama ini mereka bangga-banggain. Enggak lagi ngelihat Iniesta yang sekedar slow motion berusaha nge-tackle lawan, lu bisa lihat dengan jelas semua rumput yang berterbangan karena ini aksi.
Salah satu yang bikin gua jatuh hati dengan FIFA 15? Animasi gerak kiper yang realistis.
Salah satu yang bikin gua jatuh hati dengan FIFA 15? Animasi gerak kiper yang realistis.
Tapi bukan berarti PES 2015 kagak ada kelebihannya. Salah satu yang gua rasaiin adalah permain yang lebih ngerepresentasiin diri mereka di dunia nyata, dari gaya lari, gaya giring, gaya tendang, sampai gaya selebrasi.
Tapi bukan berarti PES 2015 kagak ada kelebihannya. Salah satu yang gua rasaiin adalah permain yang lebih ngerepresentasiin diri mereka di dunia nyata, dari gaya lari, gaya giring, gaya tendang, sampai gaya selebrasi.
Hal lain yang bikin atmosfer kian mantap adalah animasi gerakan tiap karakter yang juga enggak kalah manteb, terutama para penjaga gawang. Berhadapan dengan banyak situasi genting di depan gawang, para kiper sekarang udah punya banyak banget animasi gerakan keren yang memang sering lu lihat di dunia nyata, tapi belum pernah di video game sebelumnya. Lu bisa ngelihat gimana kiper berusaha mastiin tubuh mereka bujur lurus waktu ngelompat, semata-mata biar mastiin ujung jarinya nyampai nyentuh bola yang meluncur cepat. Interaksi antar pemain juga jadi tambahan yang bagus. FIFA 15 ngasih lihat gimana kiper dan pemain belakang terkadang ngeluarin reaksi natural, macam sekedar nabrakin badan buat reaksi “Good job..”, dll. Tambahan yang seru.
Tapi bukan berarti PES 2015 enggak unggul di apapun kalau soal atmosfer pertandingan. Salah satu yang gua perhatiin, tentu saja dari kacamata seorang noob, adalah personifikasi tiap pemain yang keren banget. Personifikasi? Hampir semua pemain kunci yang lu temuin biasanya punya gaya lari, cara bawa bola, dan reaksi yang beda-beda. Bahkan termasuk gaya selebrasi Hamsik dari Napoli yang kelihatan lebih representatif dengan dunia nyata waktu di PES 2015, daripada di FIFA 15, terlepas dari detail gambar yang memang kalah kinclong. Nyetak gol dengan Hamsik, dan lu akan bertemu dengan gaya nata rambut mohawknya di PES 2015. Sementara di FIFA 15? Gua cuman nemuin Hamsik yang tengah berdiri di tengah lapangan sambil rentangin tangan, dan belum pernah ketemu gaya benerin rambut mohawk khasnya. Setiap pemain terasa seperti individu yang beda di PES 2015, itu fitur yang pantas untuk diacungi jempol.

Dan Pada Akhirnya..

Dengan 2 demo yang gua cicipin, sepertinya pilihan JagatPlay tahun ini akan jatuh kepada FIFA 15 buat jadi bahan preview dan review di masa depan.
Dengan 2 demo yang gua cicipin, sepertinya pilihan JagatPlay tahun ini akan jatuh kepada FIFA 15 buat jadi bahan preview dan review di masa depan. Tentu aja, proses review bakalan diserahin ke yang lebih kredibel buat nilai ini game secara teknis.
Dan pada akhirnya, dengan dua demo dari Playstation 4 yang gua jajal, gua sepertinya akan jauh lebih condong buat ngelirik FIFA 15 untuk tahun 2014 ini, enggak cuman buat dinikmatin, tetapi juga bahan preview dan review ke depannya. Satu yang pasti, gua bakal ngejajal versi PC untuk pengalaman yang lebih optimal. Sebagai gamer yang udah lama enggak nyentuh game bola, gua harus terpesona sama apa yang mereka tawarin di seri yang satu ini, terutama dari sisi kosmetik ama kemampuan buat nyiptain atmosfer pertandingan yang jauh menggugah ama realistis, di saat yang sama. PES 2015 memang ngasih lihat improve jempolan dibandingin seri sebelunya, tapi sayangnya, enggak cukup buat bikin terpesona. Untuk ngejual dan balikin statusnya sebagai game sepakbola paling sukses lagi, Konami punya tugas berat buat nyulap ini demo sebagai ujung strategi marketing paling penting.Tapi hasilnya? Yang ada justru perasaan tidak istimewa. Mungkin cuman game-gamer hardcore PES yang akan mahamin apa aja beda core mechanic yang ditawarin di seri baru ini.
Dengan semua pertimbangan ini, FIFA 15 kayaknya bakal jadi pilihan game sepakbola yang jauh lebih rasional di tahun 2014 ini, setidaknya buat gua pribadi. Semoga aja apa yang gua takutin enggak terjadi. Bahwa pendapat pribadi gua sebagai seorang newbie game sepakbola yang tertarik buat ngerasaiin pengalaman ini dua franchise kembali setelah hengkang lama, dilihat sebagai sebuah bentuk “penyerangan” buat basis fans fanatik yang ngerasa ini semacam propaganda terselebung buat ngejatuhin game yang jadi favorit mereka.
Namun pada akhirnya, keputusan lu buat main FIFA 15 atau PES 2015 tentu udah didasarin sama satu hal – preferensi pribadi, dan enggak lebih lagi. Jangan terpaku sama apa yang dikomentarin orang lain, sebelum ngejajal dua demo ini dan bikin keputusan personal dimana hati lu berada. Lu lebih suka FIFA 15 seperti gua? Fine. Lu lebih suka PES 2015? Fine. Lu enggak suka game sepakbola? Fine. Lu lebih suka main game Hentai? Hey…you should share that with me..

Sumber: http://jagatplay.com/2014/09/news/jagatplay-ngeracau-demo-fifa-15-vs-pes-2015/3/

Mary R. Baker
Mary R. Baker I am an established webmaster and a tech addict who likes to gain knowledge and to write on a variety of topics including but not limited to all things tech.

Post a Comment for "Demo FIFA 15 vs PES 2015"