Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Laptop Tidak Ada Tampilan, Sebuah Diagnosa Awal

Laptop Tidak Ada Tampilan, Sebuah Diagnosa Awal

Laptop Tidak Ada TampilanLaptop Tidak Ada Tampilan sering dikategorikan dalam dua hal, yaitu laptop mati total atau ada tanda kehidupan tetapi layar laptop gelap sama sekali. Untuk kategori dua, dalam hal ini anda masih bisa melihat bahwa LED power nyala, kipas processor jalan normal. Untuk kasus ini sesuai pengalaman saya maka dua yang sering jadi biangnya yaitu permasalahan seputar layar lcd atau masalah kerusakan vga laptop dan ruang lingkupnya. Kita bahas dalam cara servis laptop kita.

Laptop Tidak Ada Tampilan, Sebuah Diagnosa Awal

Sebagaimana telah saya sampaikan di atas bahwa Laptop Tidak Ada Tampilan penyebabnya ada dua;
  1. Kerusakan sekitar lcd (layar, inverter, backlight lamp, flexible cable) dan
  2. Kerusakan sekitar VGA laptop (chip vga, chip northbridge)
Untuk memastikan dimana letak kerusakan agar tidak salah kaprah, kita wajib melakukan tes kerusakan layar laptop. Dalam hal ini kita anggap bahwa hal-hal lain yang berkaitan dengan tampilan mis memori utama dll adalah dalam keadaan baik.
Laptop Tidak Ada Tampilan, Sebuah Diagnosa Awal
Tes Laptop Tidak Ada Tampilan Dengan Monitor Eksternal
Pertama, gunakan monitor eksternal dan sambungkan dengan laptop sebagaimana ketika kita akan presentasi. Silahkan lihat hasilnya pada monitor eksternal. Jika pada monitor eksternal tampilan normal, bisa dipastikan bahwa Laptop Tidak Ada Tampilan disebabkan kerusakan pada sekitar monitor lcd laptop rusak. Jika itu terjadi apa yang akan kita lakukan? Penyebabnya masih bisa kita urai lebih detil lagi seperti berikut;
  1. Kasus Laptop Tidak Ada Tampilan bisa disebabkan oleh kerusakan inverter laptop. Jika mengamati layar dengan sangat dekat dan memang layar sangat gelap, inverter ini bisa jadi penyebabnya. Perangkat ini bertugas memberikan tegangan tinggi yang akan dikonsumsi oleh lampu latar layar laptop.
  2. Lampu latar atau backlight lamp jika mati maka layar akan gelap sama sekali. Perhatikan bahwa kadang kita bisa mengamati bagian pangkal lampu ini sudah sangat hitam menandakan sudah rusak. Ganti jika lampu ini rusak.
  3. Jika inverter baik, lampu latar baik maka penyebab Laptop Tidak Ada Tampilan juga bisa disebabkan oleh kabel fleksibel entah rusak atau longgar. Tanda yang bisa anda amati adalah di layar kelihatan cahaya putih tetapi tidak ada tampilan misalnya desktop windows. Itu disebabkan karena gambar video dari vga yang disalurkan ke layar terputus pada kabel fleksibel ini.
  4. Jika pada poin 1-3 di atas anda yakin baik adanya maka bisa juga berarti bahwa Laptop Tidak Ada Tampilan karena memang layar laptop rusak adanya, alias sudah harus diganti.
Laptop Tidak Ada Tampilan, Sebuah Diagnosa Awal
Kedua, jika dengan melakukan tes kerusakan layar laptop menggunakan monitor eksternal dan ternyata juga tidak ada tampilan maka kita bisa menyimpulkan bahwa sekitar monitor masih baik tetapi masalahnya terletak pada kerusakan vga laptop dan sekitarnya. Kasus kedua inipun masih bisa kita uraikan lagi.
  1. Laptop Tidak Ada Tampilan bisa disebabkan oleh chip vga laptop rusak. Dalam kasus tertentu kerusakan chip ini laptop tidak sepenuhnya juga mati. Bisa jadi masih ada tampilan tetapi gambar laptop kacau terutama dari segi warnanya. Hal lain yang dapat anda amati adalah untuk kerusakan vga laptop biasanya laptop mengeluarkan bunyi-bunyi tertentu yang kita kenal sebagai “beep”. Panjang pendek bunyi beep ini biasanya bergantung pada merk laptop.
  2. Jika ternyata vga laptop masih baik adanya maka peluang pengecekan berikutnya adalah chip northbridge. Seperti kita ketahui bahwa chip northbridge tanggung jawab salah satunya adalah mengirim signal yang sudah dieksekusi oleh processor menuju kepada vga dan akan ditampilkan pada layar. Jika chip northbridge ini rusak maka akan terjadi Laptop Tidak Ada Tampilan walaupun pada layar kita masih bisa melihat cahaya putih kabur.
Laptop Tidak Ada Tampilan, Sebuah Diagnosa Awal
Ada banyak hal lain yang berkaitan dengan Laptop Tidak Ada Tampilan, tetapi akan kita bahas pada kesempatan yang lain.

Sumber: http://www.qbonk.org
Mary R. Baker
Mary R. Baker I am an established webmaster and a tech addict who likes to gain knowledge and to write on a variety of topics including but not limited to all things tech.

Post a Comment for "Laptop Tidak Ada Tampilan, Sebuah Diagnosa Awal"