Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Laptop Hidup Layar Blank, Sebab Dan Solusinya


Laptop Hidup Layar BlankLaptop hidup layar blank, artinya ketika start laptop masih memperlihatkan tanda-tanda hidup namun laptop tidak ada tampilan alias layar laptop blank. Fungsi lain seperti LED power nyala, kipas juga normal berjalan. Hanya nampaknya ada satu masalah saja yaitu tidak ada gambar pada layar. Secara garis besar kita abaikan kerusakan adapter laptop dan batterei karena ternyata laptop masih menunjukkan tanda-tanda hidup. Itu berarti perangkat laptop rusak pada komponen lain.

Laptop Hidup Layar Blank Dan Penyebab

Ada banya penyebaba tentang Laptop hidup layar blank namun menurut pengalaman saya yang paling sering jadi penyebabnya adalah kerusakan hardware laptop. Kemungkinan kerusakan terletak pada:
  1. Masalah LCD Laptop
  2. Masalah Memory RAM
  3. Masalah pada VGA Laptop
  4. Hard disk rusak Laptop
Karena Laptop hidup layar blank maka berikut adalah beberapa solusinya
  • Untuk memastikan letak masalah Laptop hidup layar blank silahkan gunakan monitor eksternal. Jika pada layar eksternal ternyata tampilan normal maka berarti monitor lcd laptop rusak. Jika kasusnya sama silahkan lanjutkan membaca artikel ini
  • Jika anda sangat yakin power supply dan atau battery laptop bekerja dengan baik temyata tidak ada tampilan apapun dilayar monitor, atau Laptop hidup layar blank maka perhatikan adakah bunyi tertentu saat komputer dihidupkan seperti bunyi bip dengan panjang dan jarak tertentu. Jika tidak ada maka kemungkinan kerusakan ada pada rangkaian mainboard, mikroprosesor, atau ROM BIOS.
  • Dalam kasus Laptop hidup layar blank jika ada bunyi yang agak panjang berulang-ulang pada jarak tertentu, maka ada 2 kemungkinan kerusakan yaitu card VGA atau memory RAM.
  • Jika bunyi bip tadi tidak panjang tetapi berulang-ulang maka Laptop hidup layar blank kemungkinan besar kerusakan adalah VGA atau display adapter
  • Jika bip yang terdengar adalah panjang dan terus-menerus, maka kerusakannya ada pada SIMM RAM.  Oleh sebab itu bisa mencoba menukarkannya dengan SIMM RAM yang lain.
  • Saat POST-ing ada tampilan tetapi saat akan memasuki jendela System Operasi menjadi Laptop hidup layar blank. Periksa CPU Speed pada Advance Menu dalam Setup BIOS apakah sesuai atau tidak. Pengaturan CPU Speed yang tidak sesuai/melebihi nilai nominalnya, menyebakan masalah ini timbul. Perbaiki jika ada perubahan.
  • Jika langkah di atas tidak menyelesaikan masalah, maka kemungkinan CPU laptop rusak.
  • Kasus Laptop hidup layar blank dapat juga disebabkan oleh Kerusakan pada Hard Disk terutama kerusakan regulator Hard disk. Jika ini terjadi maka yang menyala hanya hanya LED indikator power, sedangkan pada layar tidak akan ada tampilan sama sekali.
  • Dalam kasus tertentu kerusakan regulator CD ROM juga dapat menyebabkan Laptop hidup layar blank terjadi.
  • Untuk melakukan uji coba yang lain, lepaskan Harddisk, CD ROM dan tes laptop kembali.
  • Kemungkinan lain ada pada Monitor (akan dibahas pada bagian lain).
Laptop hidup tapi laptop tidak ada tampilan, moga-moga tidak pernah anda alami.

Sumber: http://www.qbonk.com
Mary R. Baker
Mary R. Baker I am an established webmaster and a tech addict who likes to gain knowledge and to write on a variety of topics including but not limited to all things tech.

Post a Comment for "Laptop Hidup Layar Blank, Sebab Dan Solusinya"