Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Proses Instalasi Gagal, Muncul Pesan Stop: 0x0000000A

Proses Instalasi Gagal, Muncul Pesan Stop: 0x0000000A


mengatasi kegagalan instalasiSeringkali terjadi ketika sementara menginnstall Windows XP, proses instalasi gagal, lalu diikuti munculnya pesan error Stop: 0x0000000A : IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL. Ini adalah salah yang menyebabkan apa yang disebut layar biru alias blue screen of death (BSOD) ada pula yang menamakannya blue screen error saja. Sebenarnya pesan diatas sering menampakkan diri dalam dua kondisi, pada proses instalasi dan biasa juga muncul pasca instalasi. Yang akan dibahas kali ini adalah pesan yang muncul ketika proses instalasi.

Mengatasi pesan error saat instalasi bukan hal mudah dan harus diakui bahwa jika pesan diatas muncul pada proses instalasi masalahnya akan jauh lebih berat daripada penampakannya setelah instalasi. Mengapa lebih berat? Karena sudah dipastikan pesan diatas akan muncul ketika hard disk sudah diformat dan yang yang kita hadapi saat itu ada melulu masih layar hitam dan kita tidak bisa lagi kembali kepada windows yang sudah diformat tadi. Satu-satunya jalan keluar adalah melanjutkan instalasi. Sekarang mari kita lihat lebih jauh mengenai pesan itu. Bentuk lengkap pesannya sebenarnya seperti ini; Stop: 0x0000000A (parameter1, parameter2, parameter3, parameter4) IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL *** Alamat x memiliki basis pada x – nama file Jika dicermati dengan baik, pada pesan stop diatas, setiap parameter adalah angka heksadesimal yang mengacu pada isu, masalah tertentu yaitu;
  1. Parameter 1 – Sebuah alamat yang dirujuk salah.
  2. Parameter 2 – Sebuah IRQL yang diperlukan untuk mengakses memori.
  3. Parameter 3 – Jenis akses, di mana 0 adalah operasi yang dibaca dan 1 adalah operasi ditulis.
  4. Parameter 4 – alamat memori instruksi yang direferensikan dalam parameter 1.
Solusinya.
Karena yang kita bahas adalah pesan yang muncul ketika proses instalasi, maka beberapa metode berikut saya pikir dapat menyelesaikan masalah tadi;
  1. Metode 1: Menentukan Hardware Abstraction Layer (HAL). Gunakan metode pertama untuk mencoba menyelesaikan pesan error stop. Selama startup instalasi, tekan F5 pada saat muncul pesan “Setup is inspecting your computer’s hardware configuration”. Ketika diminta, pastikan bahwa Anda tentukan jenis komputer yang benar dan Hardware Abstraction Layer (HAL). Misalnya, jika Anda memiliki prosesor tunggal, menentukan “Standar PC” HAL. Cobalah untuk menginstal ulang Windows XP. Jika ini menyelesaikan pesan error stop dan Anda berhasil menginstal Windows XP, masalah Anda selesai. Jika ini tidak menyelesaikan pesan error Stop, lanjutkan ke metode 2.
  2. Metode 2: Matikan fitur pengaturan CMOS. Gunakan metode ini bila metode 1 tidak menyelesaikan pesan error Stop.Matikan semua fitur berikut dalam pengaturan CMOS komputer Anda. Untuk petunjuk, lihat dokumentasi perangkat keras atau hubungi produsen. (1) matikan semua caching, termasuk L2, BIOS, internal / eksternal, dan caching writeback pada kontroler disk. (2) matikan All shadowing (3) matikan Plug and Play (4) matikan setting berbasis BIOS perlindungan virus. Setelah itu, cobalah untuk menginstal ulang Windows XP.
  3. Metode 3: Periksa RAM komputer. Buka dan pasang kembali RAM. Kalau perlu buka semua memori mismatched SIMM (RAM) sehingga semua SIMM beroperasi pada kecepatan yang sama. Jalankan tes sistem pada memori kalau memungkinkan. Test dengan menggunakan SIMM berbeda bila tersedia. Setelah itu, cobalah untuk menginstal ulang Windows XP.
  4. Metode 4: Keluarkan adapter yang tidak dibutuhkan dalam proses instalasi dan disconnect jika ada hardware devices tambahan. Contoh devices tambahan; Network adapter, Internal modem, Sound card dan lain-lain (pokonya yang tidak dibutuhkan saat instalasi windows). Jika sudah, cobalah install ulang windows.
  5. Method 5: Perbaiki posisi kabel bus IDE. Jika perlu cabut kabel tersebut dari slotnya lalu pasang kembali dengan tepat. Keluarkan IDE devices yang lain yang tidak diperlukan (misalnya jika Anda menginstall dari CD ROM cabut saja untuk sementara waktu drive CD RW). Setelah itu cobalah ulangi menginstall ulang windows.
  6. Metode 6: Periksa catatan dari pabrik pembuatnya siapa tahu ada persyaratan yang Anda lewati. Metode ini adalah yang paling terakhir yaitu jika memang masalah tidak selesai, hubungi dealer pembelian Anda atau alternatif lain hubungi vendor yang Anda percaya
Catatan; secara umum 5 metode pertama diatas dapat menyelesaikan masalah dalam berbagai kasus, tetapi bukan tidak mungkin ada hal-hal lain yang terlewatkan dalam pengamatan kita sehingga masalah tidak dapat diselesaikan. Pengamatan yang cermat dan teliti tentang setiap tanda-tanda yang muncul akan sangat membantu mengidentifikasi masalah dan pemecahannya.
Ada baiknya Anda membaca juga artikel Perbaikan Komputer Pada Kasus Windows Blue Screen Errors yang pernah saya tulis karena masalah kegagalan instalasi diatas akan muncul dalam artikel itu.

Sumber: http://agussale.com
Mary R. Baker
Mary R. Baker I am an established webmaster and a tech addict who likes to gain knowledge and to write on a variety of topics including but not limited to all things tech.

Post a Comment for "Proses Instalasi Gagal, Muncul Pesan Stop: 0x0000000A"